Thursday, January 13, 2011

Coffee Addicted

Pertanyaan pertama saya adalah siapa yang tidak kenal dengan kopi? Saya rasa hampir seluruh orang di dunia ini tahu kopi. Namun jika saya tanya siapa yang suka dengan kopi? Nah saya yakin jawabannya akan beragam, ada yang semangat bilang SUKA bahkan sampai menjadi Coffee Addicted dan ada yang jawab TIDAK SUKA, bahkan cenderung membenci kopi.







Apa itu kopi?
Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Kopi sendiri berasal dari bahasa Arab qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda  Penggunaan katakoffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.
Terdapat dua jenis biji kopi, yaitu arabika (kualitas terbaik) dan robusta
Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya. Di samping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler).



Biji kopi arabika
Kopi arabika merupakan tipe kopi tradisional dengan cita rasa terbaik. Sebagian besar kopi yang ada dibuat dengan menggunakan biji kopi jenis ini Kopi ini berasal dari Etiopia dan sekarang telah dibudidayakan di berbagai belahan dunia, mulai dari Amerika Latin, Afrika Tengah, Afrika Timur, India, dan Indonesia. Secara umum, kopi ini tumbuh di negara-negara beriklimtropis atau subtropis. Kopi arabika tumbuh pada ketinggian 600-2000 m di atas permukaan laut. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 3 meter bila kondisi lingkungannya baik. Suhu tumbuh optimalnya adalah 18-26 oC. Biji kopi yang dihasilkan berukuran cukup kecil dan berwarna hijau hingga merah gelap.

Mengapa di Indonesia sangat terkenal dengan kopi?
Jawabannya adalah karena Indonesia berada di garis khatulistiwa maka Indonesia memiliki tanah yang subur dan cukup baik untuk penanaman kopi. Indonesia telah menghasilkan beranekaragam kopi berkualitas baik bahkan Indonesia banyak mengimport kopi ke luar negeri.  Kopi terkenal di Indonesia adalah Kopi Luwak. Kopi yang telah mengalami proses di dalam perut binatang bernama Luwak ini sudah menjadi trademark tersendiri bagi Indonesia. Hanya di Indonesia ada binatang Luwak, itulah sebabnya kopi luwak menjadi kebanggaan Indonesia. Selain kopi Luwak ada juga Kopi Lampung, Kopi Toraja, Kopi Bali yang tak kalah sedapnya dan pastinya sudah terkenal di mancanegara.
 
Mengapa tidak sedikit orang menyukai kopi?
Kopi memiliki rasa yang luar biasa ajaibnya menurut para coffee addicted. Aromanya yang khas sudah dapat tercium bahkan dari awal biji kopi dipetik terlebih lagi saat ditumbuk menjadi bubuk kopi dan diseduh oleh air panas. Hmmmm... aroma menenangkan muncul. Hampir seperti menghisap aromatherapy yang biasa digunakan untuk olahraga yoga untuk menenangkan hati dan merilekskan tubuh.
Ketika kopi masuk ke dalam mulut dan menyentuh lidah kita, rasa yang dominan muncul adalah pahit kemudian akan terasa sedikit asam. Itu jika kamu minum kopi murni atau black coffee tanpa kamu tambahkan gula atau creamer atau susu. Biasanya yang suka dengan black coffee adalah coffee addicted yang menyukai rasa dan aroma murni kopi namun untuk yang bukan coffee addicted biasanya memilih untuk minum kopi dengan beranekaragam campuran seperti gula, susu, creamer, hazelnut, kayu manis, ice cream, float, biji almond dan lain sebagainya.

Di Jakarta dimana kamu bisa menikmati kopi enak dengan suasana nyaman dan cozy?
Saya merekomendasikan Starbucks Coffee, toko berkaliber internasional ini menyediakan kopi-kopi kualitas terbaik dengan beragam campuran menarik juga minuman-minuman lain yang segar. Ada Black Americano, Caramel Machiato, Coffee latte, Frapuccino Mocha, Peppermint Mocha, Vanilla Latte, Green Tea latte dan lain-lain. Selain kopinya yang enak, Starbucks melengkapinya dengan suasana yang nyaman dan cozy, dengan desain interior yang bernuansa cokelat, hitam, merah tua, hijau tua, biru tua dan tatanan ruang yang baik. Belum lagi dengan barista dan pelayan yang sangat ramah. Dan tidak ketinggalan musik yang diputarkan yang dominan bergenre jazz, blues, pop membuat kita semakin ingin berlama-lama duduk menikmati kopi disitu. Starbucks coffee yang sering saya kunjungi adalah di Plaza Senayan dan Melawai. Tempat yang baik juga untuk berkonsentrasi di depan laptop atau buku kesayangan saya.

Tempat rekomendasi saya yang kedua adalah Cafe Toraja di Pasaraya, penyediaan kopi yang unik dengan coffee maker tradisional yang disuguhkan langsung ke pelanggan menunjukkan betul bahwa kopi disana murni dan berkualitas baik. Kita dapat menikmati wanginya aroma kopi saat diseduh langsung di depan mata, terlebih lagi itu adalah kopi Toraja yang terkenal dengan aroma kopinya yang tak diragukan.
Dan masih banyak lagi tempat-tempat enak lainnya, seperti The Coffee Beans and Tea Leaf.




Jika kamu tanya saya,apa saya coffee addicted? saya bukan coffee addicted. Saya bisa minum kopi, saya suka minum kopi tapi tidak menjadikan itu sebagai HARUS DIKONSUMSI setiap harinya, namun orang-orang terdekat saya banyak yang menyukai kopi, dan saya menjadi tertarik untuk membahas kopi di blog saya.
I hope you have a great day today and enjoy your coffee! ^__^


PS: Ini loh yang disebut LUWAK.. lucu kan? hwehehehe




By : rsm

No comments:

Post a Comment