Friday, November 26, 2010

Chocolato Deliciouso ^__^


Anda termasuk penggemar cokelat? Apakah Anda tahu apa itu cokelat,manfaatnya,dan lain-lain? Jika tidak,Anda bisa baca blog saya yang satu ini.
Cokelat adalah sebutan dari makanan yang diolah dari biji kakao atau dengan nama latinnya adalah Theobroma cacao yang tumbuh di Amazon Utara sampai ke Amerika Tengah bahkan juga sampai di Chiapas (bagian paling selatan Meksiko). Orang-orang Olmec memanfaatkan pohon dan membuat cokelat di sepanjang pantai teluk di selatan Meksiko. Awalnya diketahui bahwa cokelat bukan dimanfaatkan untuk minuman namun selaput putih dalam biji kokoa digunakan untuk sumber gula bagi minuman beralkohol.


Residu cokelat yang ditemukan pada tembikar yang digunakan oleh suku Maya kuno di Río Azul, Guatemala Utara, menunjukkan bahwa Suku Maya meminum cokelat di sekitar tahun 400 SM. Peradaban pertama yang mendiami daerah Meso-Amerika itu mengenal pohon “kakawa” yang buahnya dikonsumsi sebagai minuman xocolātl yang berarti minuman pahit. Menurut mereka, minuman ini perlu dikonsumsi setiap hari, entah untuk alasan apa. Namun, tampaknya cokelat juga menjadi simbol kemakmuran. 
Diperkirakan kebiasaan minum cokelat suku Maya dimulai sekitar tahun 450 SM - 500 SM. Konon, konsumsi cokelat dianggap sebagai simbol status penting pada masa itu. Suku Maya mengonsumsi cokelat dalam bentuk cairan berbuih ditaburi lada merah, vanila, atau rempah-rempah lain. Minuman Xocoatl juga dipercaya sebagai pencegah lelah, sebuah kepercayaan yang mungkin disebabkan dari kandungan theobromin didalamnya.



Di awal abad ke-17, cokelat menjadi minuman penyegar yang digemari di istana Spanyol. Sepanjang abad itu, cokelat menyebar di antara kaum elit Eropa, kemudian lewat proses yang demokratis harganya menjadi cukup murah, dan pada akhir abad itu menjadi minuman yang dinikmati oleh kelas pedagang. Kira-kira 100 tahun setelah kedatangannya di Eropa, begitu terkenalnya cokelat diLondon, sampai didirikan “rumah cokelat” untuk menyimpan persediaan cokelat, dimulai di rumah-rumah kopi. Rumah cokelat pertama dibuka pada1657.
Di tahun 1689 seorang dokter dan kolektor bernama Hans Sloane, mengembangkan sejenis minuman susu cokelat di Jamaika dan awalnya diminum oleh suku apothekari, namun minuman ini kemudian dijual oleh Cadbury bersaudara.


Semua cokelat Eropa awalnya dikonsumsi sebagai minuman. Baru pada 1847 ditemukan cokelat padat. Orang Eropa membuang hampir semua rempah-rempah yang ditambahkan oleh orang Meso-Amerika, tetapi sering mempertahankan vanila. Juga mengganti banyak bumbu sehingga sesuai dengan selera mereka sendiri mulai dari resep khusus yang memerlukan ambergris, zat warna keunguan berlilin yang diambil dari dalam usus ikan paus, hingga bahan lebih umum seperti kayu manis atau cengkeh. Namun, yang paling sering ditambahkan adalah gula. Sebaliknya, cokelat Meso-Amerika tampaknya tidak dibuat manis.
Rasa cokelat masih sulit didefinisikan. Dalam bukunya Kaisar Cokelat (Emperors of Chocolate), Joel Glenn Brenner menggambarkan riset terkini tentang rasanya. Menurutnya rasa cokelat tercipta dari campuran 1.200 macam zat, tanpa satu rasa yang jelas-jelas dominan. Sebagian dari zat itu rasanya sangat tidak enak kalau berdiri sendiri. Karenanya, sampai kini belum ada rasa cokelat tiruan.
Cokelat juga menimbulkan efek psikologis tersendiri. Bisa kita rasakan saat cokelat masuk ke dalam mulut dan lumer diatas lidah kita, kita seakan merasakan sensasi luar biasa yang sebagian orang berkata dapat menenangkan hati ataupun menyenangkan hati. Menurut riset BBC, lelehnya cokelat dalam mulut dapat menigkatkan aktivitas otak dan debaran jantung yang lebih kuat daripada aktivitas yang dihasilkan dari ciuman mulut ke mulut, dan juga akan terasa empat kali lebih lama bahkan setelah aktivitas ini berhenti.

Seperti yang dapat kita lihat dari gambar diatas,dapat kita lihat bahwa sekarang cokelat sudah mempunyai bentuk,jenis,dan rasa yang beranekaragam, dan tentu bukan hal yang sulit untuk menemukan toko yang menjual cokelat, mau dalam betuk batangan,permen,kue,ice cream,ataupun minuman. Di Indonesia sendiri,terkenal cokelat khas yang di produksi di Daerah Istimewa Jogjakarta yaitu Cokelat Monggo. Dapat kita temui di daerah Malioboro atau toko oleh-oleh besar yang memiliki banyak cabang di Jogja yaitu Mirota.

uniknya dari cokelat Monggo seperti gambar diatas tersebut adalah, cokelat ini tidak mudah meleleh jika disimpan ditempat yang tidak sejuk atau cenderung agak panas,dan tentunya rasanya tidak kalah enak dan menarik dibanding dengan cokelat-cokelat produksi luar negeri yang sudah terkenal.

Valentine Day adalah salah satu hari dimana banyak toko atau orang menjual cokelat dalam berbagai bentuk,jenis dan rasa. Entah apa sebenarnya hubungan Valentine day atau hari kasih sayang dengan cokelat namun banyak orang yang berpendapat bahwa cokelat dapat menunjukkan rasa sayang kita kepada orang lain, hadiah-hadiah lainnya yang juga laku saat Valentine day adalah bunga dan boneka.













Cokelat begitu digemari oleh manusia namun bagaimana dengan binatang atau hewan?? ternyata cokelat yang begitu enak dan menarik tersebut menjadi racun bagi hewan. Adanya kandungan teobromin dalam cokelat bisa menjadi racun untuk sebagian hewan bila dikonsumsi. Hewan-hewan yang bereaksi keracunan pada kandungan teobromin diantaranya adalah kudaanjing, burung kakak tuatikus-tikus jenis kecil dan kucing (khususnya anak kucing), ini dikarenakan metabolisme tubuh mereka tidak dapat mencerna kandungan kimia ini secara efektif. Bila mereka diberi makan cokelat maka kandungan teobromin akan tetap berada dalam aliran darah mereka hingga 20 jam, akibatnya hewan-hewan ini mungkin mengalami epilepsi dan kejang-kejang, serangan jantung, pendarahan internal, dan pada akhirnya menyebabkan kematian. Penanggulangannya adalah dengan merangsang hewan-hewan ini agar memuntahkan cokelat dan secepat mungkin membawa mereka ke dokter hewan.

Cokelat menjadi inspirasi orang-orang yang memiliki daya kreatifitas tinggi, sekarang bentuk batangan cokelat dapat kita temui di beberapa toko yang menjual telepon genggam karena ada keluaran terbaru yaitu bungkus pelindung atau yang biasa kita kenal silikon untuk Blackberry ada yang berbentuk batangan cokelat dan dengan berbagai warna yang menarik,seperti gambar dibawah ini :

Susu cokelat atau minuman yang berbahan dasar cokelat juga tidak kalah diminati oleh kita, sensasinya pun tidak kalah menarik dengan cokelat batangan yang biasa dimakan. Sepertinya contohnya Hot Chocolate, kebetulan saya adalah penggemar Hot Chocolate, selain dapat menghangatkan tubuh disaat malam hari, Hot Chocolate juga pantas dikonsumsi saat pagi hari dimana kita butuh sesuatu yang dapat membuat kita semangat menjalani setumpuk kegiatan. Rasa cokelat yang nyaman saat pertama kali menyentuh dinding mulut dan lidah kita dapat kita rasakan lebih pekat dan jelas saat cokelat berbentuk cair.












Selain untuk dikonsumsi, manusia memanfaatkan cokelat sebagai perawatan kulit tubuh dan muka, selain dipercaya dapat merontokkan kotoran yang tersembunyi dalam kulit kita dan mencerahkan kulit, cokelat dipercaya juga memberi efek relaks saat dibaluri keseluruh tubuh dan ditambah dengan sedikit pijatan lembut. Maka dewasa ini, telah terkenal spa cokelat, atau bisa juga disebut mandi cokelat.  

Diatas tadi saya sudah membahas mengenai cokelat yang sangat banyak di Valentine day atau hari kasih sayang, namun tahukah Anda pada hari spesial apa lagi cokelat sangat ramai dicari? jawabannya adalah Easter Day atau hari Paskah. Saya tidak tahu betul kenapa cokelat menjadi hadiah favorit bagi yang merayakan Paskah. Namun cokelat yang dijual saat Easter day juga sangat menarik. Biasanya berbentuk Kelinci paskah atau Telur paskah.

Berikut saya akan tampilkan beberapa kreasi unik yang dibuat agar cokelat lebih menarik untuk di beli dan di konsumsi.


referensi : wikipedia dan google
written by rsm


No comments:

Post a Comment