Wednesday, January 12, 2011

Kekuatan Niat Untuk Mencapai Impian





Impian hmm.. saya yakin orang yang merasa dirinya hidup pasti punya impian, entah itu besar atau kecil. Saya jadi ingat pertanyaan-pertanyaan favorit yang ditanyakan orang dewasa pada seorang anak kecil yaitu "kalau sudah gede mau jadi apa?" dan kalau kamu mau tau apa jawaban saya hwahaha "aku mau jadi dokter kulit" itu saat saya ditanya oleh seorang dokter kulit dan dilain waktu "aku mau jadi dokter hewan" itu saat saya ditanya oleh dokter hewan hwahaha lucu bukan? yaa itu waktu saya kecil, mungkin kamu punya pengalaman dan jawaban tersendiri.
Namun apakah sekarang setelah kita dewasa kita dapat dengan mudah menjawab seperti itu? tentu tidak, setelah kita dewasa kita baru menyadari betapa tidak mudahnya mencapai sebuah impian. Ada lebih dari seribu rintangan atau halangan di depan mata kita untuk meraih impian itu. sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara melewati segala halangan itu?


Dalam buku Chicken Soup for The Soul - Life Lesson dituliskan bahwa keteguhan hati dan kekuatan niat adalah cara kita untuk melewati segala halangan untuk meraih impian kita itu. "Jika Anda menemukan diri membentur tembok tebal untuk sebuah tujuan atau masalah atau Anda mempunyai keluhan. Alihkan masalah atau keluhan itu ke dalam sebuah pertanyaan atau permintaan kepada orang lain, bukan menyerah atau berhenti" itu kata-kata yang saya kutip dari buku tersebut. Jadi misalnya:
Masalah : "Sekarang ini aku terlalu sibuk untuk memfokuskan diri pada impian dan tujuanku"
Pertanyaan : "Bagaimana aku bisa menyediakan sedikit waktu untuk fokus pada impian dan tujuanku?"
Permintaan : "Aku ingin minta waktu 30 menit tanpa gangguan setiap harinya untuk fokus pada impian dan tujuanku".


Jika kamu merasa lelah atau kehilangan semangat dalam usaha meraih impianmu, berhentilah sejenak, keluar dari usaha tersebut, namun tetap kuatkan niat untuk tidak menyerah dalam meraih impian itu. Seperti contohnya yang saya kutip lagi dalam buku Chicken Soup for The Soul - Life Lesson adalah ada seorang kiropraktor yang ingin meningkatkan bisnisnya namun lama-lama dia mulai terbebani dengan impian dia itu, kemudia dia mengambil liburan selama seminggu dan dari liburan tersebut dia malah mendapatkan ide baru yang efektif untuk meningkatkan bisnisnya.


Jadi kesimpulannya setiap impian yang ingin kita raih pasti dapat kita raih namun tergantung bagaimana niat dan usaha kita untuk mencapainya. dan tentunya bagaimana kita dapat melewati halangan-halangan dalam meraih impian tersebut.


by: rsm

No comments:

Post a Comment