Monday, August 22, 2011

Pedulikah?


Anak kecil dengan baju yang compang camping, kotor tak terurus, menghampiri sebuah mesin mewah berwarna rata-rata hitam atau putih, atau abu-abu mengharapkan tangan sang berdasi memberikan beberapa logam penyambung nyawa, pedulikah Anda akan itu? pedulikah Anda akan nyawa anak kecil itu? atau Anda lebih peduli bagaimana menghadiri pertandingan olahraga di negara lain agar terlihat keren atau mungkin mampu? atau Anda hanya peduli dengan pendapat orang lain tentang penampilan Anda yang entah dilihat dari mana pun sebenarnya tak lebih baik anak kecil itu.
Menangis disudut ruang, kedingian, kelaparan, rindu akan rumah yang entah bagaimana nasibnya. entah termakan oleh air atau mungkin dilahap sang jago merah. Mengharapkan sebungkus nasi, sehelai selimut. Pedulikah Anda? atau Anda lebih peduli bagaimana caranya terus menebalkan kantong pribadi Anda dengan uang yang seharusnya menjadi hak mereka?
Entah apa yang Anda pikirkan, entah dimana hati nurani Anda selama ini. Saya mungkin tak ingin munafik, bahwa tidak ada yang tidak butuh uang, namun apakah bisa mendapatkan uang dengan cara yang lain? dengan cara yang sewajarnya? atau bisakah mencari uang tanpa harus melupakan saudara-saudara kita yang nasibnya tak sebaik kita?
Pedulikah Anda wahai sang koruptor??
-rsm-

No comments:

Post a Comment